Christian miduk simanjuntak
Blog Universitas Komputer Indonesia

Google Panda

Google Panda
Google Panda merupakan Algoritma terbaru mesin pencari Google tahun 2010 akhir atau awal tahun 2011, setelah sebelumnya Google melakukan update algoritma pencarian dengan nama "Google Caffeine". Penyebab Google melakukan update ke Google Panda adalah karena Google Caffeine belum memberikan hasil pencarian (search google) yang baik terhadap situs-situs supaya tampil diposisi utama SERP, sehingga di awal tahun 2011 Google melakukan update algoritma search engine dengan maksud hasilnya bisa lebih baik. Sekitar 12% situs-situs besar di dunia telah terkena dampak Google Panda ini.
Banyak dari situs-situs tersebut terlempar dari halaman pertama pencarian Google. Selama masa periode itu Google terus memperbaiki kinerja Panda nya sebanyak 12 kali hingga 20 April 2012. Buat sobat yang mungkin postingannya pernah berada di halaman pertama namun sudah hilang terlempar hingga halaman kesekian bisa jadi terkena dampak google Panda ini.
Google panda menekankan atau mengantisipasi adanya content farm mengingat banyaknya content-content farm saat ini yang merugikan blogger lainnya dan menguntungkan web yang memasang content farm saja. Menurut terjemahan Wikipedia: Content farm  adalah content atau artikel-artikel pada website yang tulisannya dikerjakan oleh penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan content yang memenuhi algoritma pencarian (mesin pencari secara otomatis) dengan maksud menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan yang menarik perhatian pembaca.
Akibat ringan: Google menurunkan ranking blog yang terdeteksi menggunakan "content farm" sehingga nantinya web/blog penggunak content farm akan sulit di posisi utama mesin pencarian Google.
Akibat Berat: bukan tidak mungkin sebuah web/blog mengalami penurunan drastis atau tidak lagi ditemukan dimesin pencari Google.
Google panda sampai sekarang banyak menjadi musuh para blogger karena selain memfilter tulisan, google panda juga secara detail menyaring apakah tulisan tersebut (copy-paste) atau tidak, jadi sobat sekalian mulailah belajar bijak dan bertanggung jawab terhadap tulisan yang sobat buat.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 28 Oktober 12 - 18:22 WIB
Dalam Kategori : GOOGLE, PANDA
Dibaca sebanyak : 654 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback